Kamis, 10 Oktober 2013

TUGAS 1

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

A.   Pengertian Informasi
Informasi merupakan data yang diproses menjadi suatu bentuk yang mempunyai makna bagi penerima baik berupa fakta atau nilai yang bermanfaat.

 Beberapa pengertian informasi menurut para ahli :
·         Menurut Joner Hasugian, informasi merupakan sebuah konsep yang universal dalam muatan yang besar, yang meliputi banyak hal serta ruang lingkupmya masing-masing dan terekam di sejumlah media
·         Kenneth C. Laudon, mengatakan bahwa informasi merupakan data yang sudah dibentuk kedalam sebuah formulir yang bermanfaat untuk manusia
·         Anton M. Moeliono menyebutkan informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar atau berita yang dapat dijadikan dasar kajian analisis atau kesimpulan
·         Gordon B. Davis. Informasi adalah data yang telah diproses kedalam bentuk yang berarti untuk penerimanya dan merupakan nilai yang sesungguhnya yang dipahami dalam tindakan yang sekarang atau esok.
·         Robert G. Murdick, menyatakan informasi terdiri dari dari data yang telah didapatkan , diolah,yang digunakan untuk tujuan penjelasan/penerangan, uraian, atau sebuah dasar untuk pembuatan ramalan atau keputusan.
·         Sedangkan menurut Kusrini informasi adalah data yang sudah diolah menjadi bentuk yang berarti bagi pengguna dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini.

Bagaimana pengertian informasi sehingga dapat berinteraksi dengan sistem ?
Sebelumnya telah dijelaskan pengertian dari informasi itu sendiri. Selanjutnya kita akan jelaskan terlebih dulu apa yang dimaksud dengan sistem.
Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.
Jadi, untuk mendapatkan suatu informasi kita memerlukan suatu sistem. Oleh karena itu sering kita dengar istilah sistem informasi.

Contoh : Ketika kita melihat di televisi bahwa di jalan X yang biasa kita lalui terjadi kemacetan, maka kita akan menyimpan hal tersebut di memori kita. Sehingga kita tidak akan melewati jalan X dan mencari jalan alternatif lain.

B.   Pengertian Sistem Informasi Psikologi
Mengenai pengertian sistem informasi psikologi akan kita bahas terlebih dulu tentang sistem, informasi, dan psikologi. Sebelumnya telah kita uraikan tentang pengertian sistem dan informasi. Sekarang kita akan jelaskan definisi dari psikologi itu sendiri.

Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah.

Pengertian psikologi menurut para ahli adalah:
  • Dr. Singgih Dirgagunasa
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.
  • Plato dan Aritoteles
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.
  • Jhon Broadus Watson
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku lahiriah dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsangan.
  • Wilhem Wundt
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul pada diri manusia, seperti perasaan panca indra, pikiran, feeling, dan kehendak.
  • Woodworth dan Marquis
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas individu sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia dalam hubungannya dengan alam sekitar.
  • Mussen dan Rosenzwieg
 Pada masa lampau psikologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang  “mind” (pikiran) atau the study of mind, tapi dalam perkembangannya, kata mind berubah menjadi “behavior” (tingkah laku), sehingga psikologi  didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia.
Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian sistem informasi psikologi adalah suatu sistem yang menmberikan data berupa informasi yang berkaitan dengan psikologi sehingga dapat digunakan untuk pengolahan data, perencanaan dan pengambilan keputusan.

Bagaimana penggunaan sistem informasi dalam psikologi ?
Sistem informasi sudah banyak digunakan dalam psikologi baik itu dalam pelaksaanan tes psikologi terutama untuk skoring dari hasil tes psikologi itu sendiri sehingga hasilnya lebih akurat.

Contoh :

Mulai diterapkannya penggunaan komputer dalam pembuatan software-software untuk bidang psikologi, baik itu di perusahaan yang sekarang ini sudah banyak menggunakan software tentang alat tes agar waktu yang digunakan dalam menyeleksi calon karyawan baru lebih cepat dan efisien, serta tidak membuang tenaga para penyeleksinya juga. Penerapan lainnya dalam bidang psikologi dapat kita lihat dalam penggunaan laboratorium psikologi dimana didalamnya menggunakan prinsip ilmu komputer. Kemudian sistem konseling online yang sekarang ini banyak beredar dan banyak hadir di situs jejaring sosial. Dengan diterapkannya sistem informasi dalam bidang psikologi saat ini membuat perkembangan ilmu komputer itu sendiri bertambah pesat.

Analisa :
Dari uraian diatas kita dapat mengetahui apa itu sistem informasi dan manfaatnya dalam psikologi terutama dalam tes psikologi. dengan adanya sistem informasi memudahkan melakukan tes psikologi dan hasilnya juga lebih akurat dan cepat.



Sumber :
http://willis.comze.com/pengertian_informasi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem
http://ngagoblog.blogspot.com/2012/03/pengertian-psikologi-menurut-beberapa.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar